TK: Kegiatan simulasi gempa

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba menciptakan gelombang seismik.

Pada topik pembelajaran “semesta alam” Bu Guru mengajak ananda Taman Bermain dan TK untuk melakukan simulasi bencana alam gempa bumi. Indonesia terletak di antara tiga lempeng tektonik menyebabkan Indonesia merupakan salah satu negara paling rawan terkena gempa bumi. Oleh karenanya, penting bagi ananda TB dan TK dikenalkan dengan pembelajaran mengenai bumi.

Pada awal kegiatan, ananda TB dan TK dikenalkan dengan konsep dasar gempa bumi, mendengar bunyi tanda gempa bumi seperti sirine, mengenalkan simbol-simbol evakuasi gempa bumi.

Simulasi dimulai dengan dinyalakan bunyi sirine sebagai tanda adanya gempa yang sedang terjadi, ananda TB dan TK berjalan keluar ruangan kelas dengan menutup bagian kepala dengan tas atau buku tebal menuju titik kumpul di luar ruangan yang aman. Setelah petugas memastikan keadaan sudah aman dan tidak ada gempa susulan, ananda TB dan TK kembali ke kelas masing-masing.

Tujuan dari diadakannya kegiatan simulasi gempa ini adalah untuk melatih kesiapsiagaan para siswa tentang bagaimana mengambil sikap dan tindakan ketika menghadapi bencana gempa bumi.

MI: Natural, interpersonal, kecakapan hidup, logika